Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS

Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS

Jika kita sering melakukan kegiatan pengcopyan file menggunakan media hard disk ke Hard disk atau FD ke FD atau dari FD ke HD dan sebaliknya ini biasanya mengajak kita untuk jeli dalam melihat ukuran file serta kapasitas dari media yang akan kita tempati sebagai penyimpanan.

Jika ternyata kapasitas penyimpanan media kita tidak mencukupi maka disarankan untuk menghapus atau jika diperlukan maka melakukan "Format" disk lebih disarankan agar ruang pada media lebih besar dan lebih longgar. Pada pilihan format yang akan kita buat biasanya akan memunculkan pilihan jenis sistem file format yang ingin digunakan, yaitu : NTFS, FAT32, exFAT.

Sebenarnya apa perbedaan dari NTFS, exFAT dan FAT32 ini adalah pembahasan yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Dan tentunya disini akan dijelaskan secara detail sehingga diharapkan tidak ada lagi diantara kita yang bingung tentang hal ini. 

Ketika Anda memformat drive internal, drive eksternal, drive flash USB, atau kartu SD, Windows memberi Anda pilihan untuk menggunakan tiga sistem file yang berbeda: NTFS, FAT32, dan exFAT. Dialog Format di Windows tidak menjelaskan perbedaannya, maka artikel yang sedang Anda baca ini akan menjelaskannya.


Apa Perbedaan Antara FAT32, exFAT, and NTFS


NT File System (NTFS)

NT File System (NTFS)

NTFS adalah sistem file modern yang suka digunakan Windows secara default. Ketika Anda menginstal Windows, itu memformat drive sistem Anda dengan sistem file NTFS. NTFS memiliki ukuran file dan batas ukuran partisi yang secara teori sangat besar sehingga Anda tidak akan menjalankannya. NTFS pertama kali muncul di versi konsumen Windows dengan Windows XP, meskipun awalnya debut dengan Windows NT.

NTFS dikemas dengan fitur-fitur modern yang tidak tersedia untuk FAT32 dan exFAT. NTFS mendukung izin file untuk keamanan, jurnal perubahan yang dapat membantu dengan cepat memulihkan kesalahan jika komputer Anda macet, salinan bayangan untuk cadangan, enkripsi, batas kuota disk, tautan keras, dan berbagai fitur lainnya. Banyak di antaranya sangat penting untuk drive sistem operasi — terutama izin file.

Partisi sistem Windows Anda harus NTFS. Jika Anda memiliki drive sekunder bersama Windows dan Anda berencana untuk menginstal program untuk itu, Anda mungkin harus melanjutkan dan membuatnya NTFS juga. Dan, jika Anda memiliki drive apa pun yang kompatibilitasnya tidak benar-benar masalah — karena Anda tahu Anda akan menggunakannya di sistem Windows — silakan dan pilih NTFS.


Terlepas dari kelebihannya, NTFS kekurangannya adalah kompatibilitas. Ini akan bekerja dengan semua versi Windows terbaru — semuanya kembali ke Windows XP — tetapi kompatibilitasnya terbatas dengan sistem operasi lain. Secara default, Mac OS X hanya dapat membaca drive NTFS, tidak bisa menulis pada file sistem tersebut. Beberapa distribusi Linux dapat mengaktifkan dukungan penulisan NTFS, tetapi beberapa mungkin hanya baca-saja. Tidak ada konsol PlayStation Sony yang mendukung NTFS. Bahkan Xbox 360 milik Microsoft sendiri tidak dapat membaca drive NTFS, meskipun Xbox One baru dapat. Perangkat lain bahkan lebih kecil kemungkinannya untuk mendukung NTFS.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, tetapi hanya-baca dengan Mac secara default, dan mungkin hanya-baca secara default dengan beberapa distribusi Linux. Perangkat lain — dengan pengecualian Microsoft Xbox One — mungkin tidak akan mendukung NTFS.

Batas: Tidak ada batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis.

Penggunaan Ideal: Gunakan untuk drive sistem Windows Anda dan drive internal lainnya yang hanya akan digunakan dengan Windows.


File Allocation Table 32 (FAT32)

File Allocation Table (FAT32)

FAT32 adalah yang tertua dari tiga sistem file yang tersedia untuk Windows. Itu diperkenalkan sepanjang jalan kembali di Windows 95 untuk menggantikan sistem file FAT16 yang lebih tua yang digunakan dalam MS-DOS dan Windows 3.

Usia sistem file FAT32 memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan besar adalah karena sudah sangat tua, FAT32 adalah standar de-facto. Flash drive yang Anda beli akan sering diformat dengan FAT32 untuk kompatibilitas maksimum tidak hanya pada komputer modern, tetapi perangkat lain seperti konsol game dan apa pun dengan port USB.

Keterbatasan datang seiring usia itu. File individual pada drive FAT32 tidak boleh lebih dari 4 GB itu adalah maksimum dan ketika Anda memakasakan hal tersebut maka otomatis Anda akan mendapatkan pesan Error "File Too Large". Partisi FAT32 juga harus kurang dari 8 TB, yang diakui kurang dari batasan kecuali Anda menggunakan drive berkapasitas super tinggi.

Meskipun FAT32 tidak apa-apa untuk USB flash drive dan media eksternal lainnya yang terutama jika Anda tahu Anda akan menggunakannya pada apa pun selain PC Windows dan Anda tidak ingin FAT32 untuk drive internal. Itu tidak memiliki izin dan fitur keamanan lainnya yang dibangun ke dalam sistem file NTFS yang lebih modern. Juga, versi modern Windows tidak lagi dapat diinstal ke drive yang diformat dengan FAT32; mereka harus diinstal ke drive yang diformat dengan NTFS. Namun untuk windows XP dan sebelumnya, penggunaan FD bootable dengan format FAT32 masih mendukung.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, Mac, Linux, konsol game, dan hampir semua hal dengan port USB.

Batas: ukuran file maksimum 4 GB, ukuran partisi maksimum 8 TB.

Penggunaan Ideal: Gunakan pada drive yang dapat dilepas di mana Anda memerlukan kompatibilitas maksimum dengan rentang perangkat terluas, dengan asumsi Anda tidak memiliki file berukuran 4 GB atau lebih besar.


Extended File Allocation Table (exFAT)

Extended File Allocation Table (exFAT)

Sistem file exFAT diperkenalkan pada 2006 dan ditambahkan ke versi Windows yang lebih lama dengan pembaruan untuk Windows XP dan Windows Vista. exFAT dioptimalkan untuk flash drive — dirancang untuk menjadi sistem file yang ringan seperti FAT32, tetapi tanpa fitur tambahan dan over-head NTFS dan tanpa batasan FAT32.

Seperti NTFS, exFAT memiliki batasan yang sangat besar pada ukuran file dan partisi., Memungkinkan Anda untuk menyimpan file yang jauh lebih besar dari 4 GB yang diizinkan oleh FAT32.

Walaupun exFAT tidak cocok dengan kompatibilitas FAT32, ia lebih kompatibel dengan NTFS. Sementara Mac OS X hanya menyertakan dukungan baca-saja untuk NTFS, Mac menawarkan dukungan baca-tulis penuh untuk exFAT. drive exFAT dapat diakses di Linux dengan menginstal perangkat lunak yang sesuai. Perangkat bisa berupa tas campuran. PlayStation 4 mendukung exFAT; PlayStation 3 tidak. Xbox One mendukungnya, tetapi Xbox 360 tidak.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows dan versi modern Mac OS X, tetapi memerlukan perangkat lunak tambahan di Linux. Lebih banyak perangkat mendukung exFAT daripada mendukung NTFS, tetapi beberapa — terutama yang lebih tua — mungkin hanya mendukung FAT32.

Batas: Tidak ada batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis.

Penggunaan Ideal: Gunakan ketika Anda membutuhkan ukuran file dan batas partisi yang lebih besar daripada penawaran FAT32 dan ketika Anda membutuhkan lebih banyak kompatibilitas daripada penawaran NTFS. Dengan asumsi bahwa setiap perangkat yang Anda ingin gunakan drive dengan mendukung exFAT, Anda harus memformat perangkat Anda dengan exFAT daripada FAT32.


Dengan membaca artikel ini, saya yakin Anda sudah bisa mengetahui kira-kira jenis format file yang akan akan Anda gunakan untuk drive yang akan Anda format.

Perhatikan baik-baik OS (operating System) perangkat yang Anda gunakan. Gunakan jenis format yang mendukung atau support dengan perangkat Anda. Dengan sering melakukan format tidak akan berdampak buruk pada perangkat disk drive Anda terkecuali Anda menggunakan produk Abal-abal atau produk palsu yang sangat tidak direkomendasikan penggunaannya.


Demikian Artikel kali ini tentang perbedaan mendasar dan terperinci antara FAT32, exFAT, and NTFS. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan via Email