Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Windows 10X : Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Windows 10X : Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Windows 10X adalah versi baru Windows 10 yang dirancang lebih moderen dan semakin memanjakan konsumennya. Dengan PC yang dapat dilipat baik dalam konfigurasi layar-ganda dan layar-tunggal adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh windows 10X ini. Setelah sukses dengan Windows 10S atau versi sebelumnya, kini microsoft Windows meluncurkan versi terbarunya dan dengan lebih menegdepankan tekhnologi dan design modern dan benar-benar sangat keren.

Selain dari segi tampilan dan dukungangan dual layar, windows 10X juga menambahkan dan mengupdate beberapa fitur aplikasi terbarunya yang di masukkan kedalam windows 10x. Ini berarti segala sotfware bawaan windows 10X ini, mulai dari Windows Shell hingga OS dan software dasar [bawaan] lainnya telah dibangun kembali dengan teknologi modern, namun tetap mempertahankan dukungan aplikasi lawas bagi mereka yang membutuhkannya.

windows 10x

Microsoft merilis emulator pertama untuk Windows 10X beberapa waktu yang lalu, yang memungkinkan pengembang untuk melihat varian sistem operasi baru untuk perangkat layar ganda. Microsoft ingin memberi pengembang permulaan dalam mengoptimalkan aplikasi sebelum perangkat diluncurkan akhir tahun ini, jadi emulator dasar ini memberikan pandangan awal pada Windows 10X sebelum diselesaikan.

Pikiran pertamaku? Windows 10X terasa seperti versi Windows 10 yang sedikit lebih modern yang telah dibersihkan untuk perangkat masa depan.

Windows 10X dirancang khusus untuk perangkat keras yang dapat dilipat dan layar ganda, dan sebagai hasilnya Microsoft telah mengubahnya. Salah satu perubahan terbesar yang terlihat adalah menu Start Windows 10X baru. Itu tidak lagi termasuk Live Tiles animasi yang ditemukan pada Windows 10, Windows 8, dan Windows Phone, dan sekarang termasuk tampilan yang lebih sederhana.


Windows 10X, Apa Yang Baru

Berikut ini beberap fitur terbaru dari Windows 10x yang membuatnya berbeda dengan versi sebelumnya dan sudah siap untuk masuk pasar dunia dan bersaing dengan platform PC dual View.


Pengalaman Baru Pengguna

Windows 10X

Windows 10X menampilkan new shell (versi baru), user interface yang telah dibuatdengan teknologi modern. Ini adalah pengalaman pengguna adaptif yang dapat menyesuaikan tergantung pada perangkat Anda. Misalnya, dengan PC yang dapat dilipat, pengguna mungkin ingin menggunakannya dengan beberapa cara berbeda; sebagai laptop, atau tablet, atau dalam mode tenda untuk film. Karena itu, antarmuka pengguna harus beradaptasi untuk memberikan pengalaman terbaik di mana pun perangkat Anda digunakan.

Tampilan Start Menu yang Baru


windows 10X Start Menu

Microsoft mendesain ulang pengalaman menu Start pada Windows 10X dengan fokus pada produktivitas. Ini fitur bilah pencarian seluruh sistem di bagian atas yang juga dapat mencari web dan grid aplikasi yang diinstal di bawah yang menggantikan ubin hidup. Ini juga memiliki area "recommended" yang secara dinamis memperbarui dengan hal-hal yang mungkin ingin dilompati langsung oleh pengguna, seperti dokumen Office terbaru dan situs web yang dikunjungi.

Daftar aplikasi dapat disesuaikan, dengan kemampuan bagi pengguna untuk mengatur ulang aplikasi mana yang muncul di beberapa baris pertama. Windows 10X juga akan mendukung folder aplikasi di menu Mulai, memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan beberapa aplikasi di bawah satu folder, sama seperti menu Mulai yang ada di Windows 10.

Tampilan Taskbar Baru


Windows 10X Taskbar

Windows 10X juga memiliki taskbar adaptif baru yang dapat berubah tergantung pada faktor bentuk perangkat atau preferensi pengguna. Dalam materi pemasaran, item seperti tombol Mulai, disematkan, dan menjalankan aplikasi berpusat di Taskbar. Saya diberitahu bahwa ini dapat disesuaikan, dan pengguna dapat memilih untuk membiarkan ikon-ikon itu disejajarkan jika diinginkan, seperti pada Windows 10.

Ada pengalaman Taskbar sentuh-sentris baru yang meminimalkan ketika menjalankan aplikasi, dan dapat digesek untuk mengakses hal-hal seperti menu Mulai atau Pusat Tindakan. Ketika keyboard dan mouse terhubung, Taskbar akan beradaptasi untuk berperilaku lebih seperti taskbar tradisional, yang berarti itu tidak akan berkurang ketika aplikasi sedang berjalan.

Action Center Baru


windows 10X action center

Selain pengalaman Mulai dan Bilah Tugas yang baru, ada juga Pusat Tindakan baru untuk memujinya. Pusat Aksi baru ini lebih menekankan pada tindakan cepat, dengan kemampuan untuk melompat ke tindakan cepat spesifik untuk kontrol lebih lanjut tanpa meninggalkan Pusat Aksi sama sekali. Itu juga dirancang sedemikian rupa sehingga meniru pusat kontrol, dengan notifikasi ditempatkan di atasnya dalam kotak terpisah. Pusat Aksi baru ini mencakup hal-hal seperti kontrol volume, opsi daya, dan persentase baterai.

Pengaturan [Set up] Baru


windows 10X setup

Karena setiap bagian dari Windows 10X telah dirancang ulang, pengalaman out of box juga telah diperbarui dengan tampilan dan nuansa modern. Itu masih menuntun Anda melalui proses pengaturan Windows, memilih bahasa Anda, masuk dengan Akun Microsoft, dan menyetujui syarat dan ketentuan, tetapi saya diberitahu bahwa Cortana tidak lagi hadir selama proses pengaturan. Ini adalah pengalaman pengaturan yang lebih tradisional, yang telah dipercantik pada 10X.

Compose Mode


windows 10X Compose mode

Compose Mode adalah tombol baru di Pusat Tindakan yang mengubah pengalaman pengguna dari berbasis konsumsi menjadi berbasis produktivitas. Mode Penulisan secara otomatis dimulai pada perangkat seperti Surface Neo ketika Anda menempatkan keyboard di salah satu monitor dan pada dasarnya adalah beralih antara input sentris pertama sentuh dan keyboard / mouse.

Pada perangkat yang tidak memiliki keyboard atau trackpad khusus, Compose Mode akan menggunakan layar real-estate untuk keyboard dan trackpad virtual, yang telah ditingkatkan dengan emoji, gif, dan dukungan tinta. Ini juga akan mengalihkan bilah tugas dari status yang diperkecil ke bilah tugas yang lebih tradisional yang tidak perlu digesek.

Secara default, aplikasi pada Windows 10X beroperasi dalam layar penuh dan tidak dapat dimanipulasi sebagai windows tradisional. Namun, pada perangkat dengan layar yang lebih besar, mengaktifkan Mode Penulisan harus memungkinkan aplikasi berjalan di jendela bentuk bebas, seperti halnya laptop biasa. Saya tidak yakin apakah pengguna akan dapat memaksa aplikasi berjendela pada perangkat dengan layar kecil, tetapi Microsoft terbuka untuk umpan balik mengenai hal ini.

Legacy App Support

Karena Windows 10X adalah OS modern, dukungan untuk aplikasi Windows lawas dilakukan melalui mode kemas yang baru yang pada dasarnya memutar versi lengkap dari Windows 10 penuh di latar belakang setiap kali pengguna ingin menjalankan aplikasi lawas. Ini berarti bahwa ketika pengguna tidak menjalankan aplikasi lawas, OS tidak akan macet oleh komponen lawas, yang meningkatkan masa pakai baterai dan kinerja sistem secara keseluruhan.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya, UWP dan aplikasi web modern berjalan secara native di Windows 10X. Microsoft telah bekerja keras untuk memastikan tidak ada perbedaan nyata dalam kinerja antara aplikasi lawas dan aplikasi modern. Namun, mungkin ada sedikit keterlambatan saat meluncurkan aplikasi legacy jika tidak ada aplikasi legacy lain yang berjalan. Karena cara containerisasi bekerja, aplikasi Win32 pada Windows 10X diberi sandbox dan tidak dapat memengaruhi keseluruhan sistem. Ini berarti program yang memengaruhi file sistem atau hard drive partisi tidak akan diizinkan.

Windows Update Yang Disempurnakan

Microsoft juga meningkatkan Pembaruan Windows dengan cara yang membuatnya jauh lebih cepat pada Windows 10X. Pembaruan fitur tidak akan memakan waktu lama untuk menginstalnya seperti yang dilakukan pada Windows 10 karena pembaruan fitur tersebut sekarang diinstal di latar belakang tanpa memerlukan reboot hingga pembaruan dilakukan. Jadi, seperti pada Android dan Chrome OS, ketika pembaruan siap untuk me-restart PC Anda, itu hanya akan restart seperti biasa, dan tidak akan memakan waktu 15 menit untuk menyelesaikan instalasi sebelum Anda kembali dan berjalan.

Ini akan menghasilkan pembaruan yang membutuhkan waktu kurang dari 90 detik untuk mem-boot ulang. Pengujian internal menunjukkan itu bahkan lebih cepat dari itu. Ini adalah peningkatan besar atas bagaimana Windows 10 melakukan pembaruan hari ini, yang bisa memakan waktu antara 5 menit dan 20 menit untuk reboot, tergantung pada perangkat.

Dynamic Wallpaper

Ini belum diumumkan secara resmi, tetapi saya mengerti bahwa Windows 10X menampilkan wallpaper dinamis yang mengubah konten tergantung pada berbagai faktor. Misalnya, Windows 10X memiliki wallpaper tampilan gunung yang memiliki varian pagi, siang, malam, dan malam yang muncul berdasarkan waktu aktual perangkat Anda. Wallpaper ini juga tampaknya memiliki awan dinamis yang sering muncul.

Saya tidak tahu berapa banyak wallpaper dinamis ini akan hadir pada Windows 10X, dan saya juga tidak tahu seberapa kompleksnya. Sangat menyenangkan melihat lebih banyak opsi penyesuaian untuk pengguna.

PC Yang Dapat Dilipat


windows 10X

Windows 10X hanya akan tersedia di perangkat yang dikirimkan bersama, dan perangkat tersebut akan mulai dikirim pada paruh kedua tahun 2020. Ini berarti jika Anda ingin menggunakan Windows 10X, Anda harus membeli PC baru yang dilengkapi dengan Windows 10X yang sudah diinstal sebelumnya. . OS tidak akan tersedia untuk dibeli atau diunduh untuk dipasang pada perangkat keras yang ada, dan juga tidak akan didorong sebagai pembaruan untuk pengguna Windows 10.

Di masa mendatang, kami mengantisipasi Microsoft akan membuat Windows 10X tersedia untuk lebih dari sekadar PC yang dapat dilipat. Sementara OS akan meluncurkan secara eksklusif untuk lipat pada akhir tahun 2020, pada bulan-bulan setelah OEM akan dapat mengirimkan Windows 10X pada faktor bentuk tradisional seperti laptop dan 2-in-1, karena OS mampu berjalan pada bentuk tersebut faktor juga.

Check Back Later

Ini merupakan postingan sementara dan akan segera diperbaharui ketika Windows 10X ini sudah resmi meluncur dan dipasarkan. Jika pembaharuan sudah ada,  saya pastikan akan segera melakukan update terhadap review ini.


Demikian review tentang windows 10X yang diperkirakan akan segera launching. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan via Email