Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Perbedaan 32 bit dan 64 bit Sistem Operasi Pada Windows

Perbedaan 32 bit dan 64 bit Sistem Operasi Pada Windows

Setiap kali kita ingin download aplikasi terbaru untuk os Windows pasti akan disuguhkan dengan 2 (dua) pilihan, yakni 32bit dan 64bit. Bisa jadi pada PC atau laptop Anda juga terdapat tulisan 32bit atau 64bit dan beberapa komputer dan laptop terbaru sudah memasang stiker tersebut bersamaan dengan sistem OS, Jenis VGA, jumlah kapasitas RAM dan kapasitas Hardisknya.

Sebenarnya apa pentingnya pemasangan 32-bit dan 64-bit ini pada PC dan apa perbedaannya. Apakah akan ada dampak jika menggunakan aplikasi / driber 32 bit pada OS 64bit, support ataukah malah tidak bisa diinstal. Hal inilah yang akan kita bahas pada artikel windows dewaplokis.com kali ini.


Pentingkah Mengetahui Jenis Processor Yang kita Gunakan

Sederhananya, prosesor 64-bit lebih mampu daripada prosesor 32-bit, karena dapat menangani lebih banyak data sekaligus. Prosesor 64-bit mampu menyimpan lebih banyak nilai komputasi, termasuk alamat memori, yang berarti mampu mengakses lebih dari empat miliar kali memori fisik prosesor 32-bit. Itu hanya sebesar kedengarannya.

Inilah perbedaan utama: prosesor 32-bit sangat mampu menangani jumlah RAM yang terbatas (di Windows, 4GB atau kurang), dan prosesor 64-bit mampu memanfaatkan lebih banyak atau melebihi 4GB. Tentu saja, untuk mencapai ini, sistem operasi Anda juga perlu dirancang untuk memanfaatkan akses memori yang lebih besar. Halaman Microsoft ini memiliki keterbatasan memori untuk beberapa versi Windows, tetapi jika Anda menjalankan versi terbaru Windows 10, Anda tidak perlu khawatir tentang batasan.

Beberapa keluaran laptop ataupun PC terbaru yang sudah Include OS 64-bit sudah menggunakan standard 8GB RAM. Ini pastinya akan membuat kinerja device jadi semakin hebat. OS 64-Bit telah dirancang untuk mampu mengangkat 8GB X 4 atau 32GB RAM. Hal ini sudah dibuktikan pada beberapa review PC terbaru.

Dengan peningkatan ketersediaan prosesor 64-bit dan kapasitas RAM yang lebih besar, Microsoft dan Apple keduanya telah meningkatkan versi sistem operasi mereka yang dirancang untuk memanfaatkan sepenuhnya teknologi baru ini. Sistem operasi 64-bit sepenuhnya pertama adalah Mac OS X Snow Leopard kembali pada tahun 2009. Sementara itu, smartphone pertama dengan chip 64-bit (Apple A7) adalah iPhone 5s.

Apa itu 32-bit dan 64-bit

Dalam kasus Microsoft Windows, versi dasar sistem operasi memberikan batasan perangkat lunak pada jumlah RAM yang dapat digunakan oleh aplikasi, tetapi bahkan dalam versi akhir dan profesional dari sistem operasi, 4GB adalah memori maksimum yang dapat digunakan. -bit versi dapat menangani. Sementara versi terbaru dari sistem operasi 64-bit dapat meningkatkan kemampuan prosesor secara drastis, kekuatan sesungguhnya berasal dari perangkat lunak yang dirancang dengan arsitektur ini.

Aplikasi dan permainan video yang menuntut kinerja tinggi sudah memanfaatkan peningkatan memori yang tersedia (ada alasan kami merekomendasikan 8GB untuk hampir semua orang). Ini sangat berguna dalam program yang dapat menyimpan banyak informasi untuk akses langsung, seperti perangkat lunak pengedit gambar yang membuka banyak file besar secara bersamaan.

Sebagian besar perangkat lunak kompatibel ke belakang, memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi yang 32-bit dalam lingkungan 64-bit tanpa kerja atau masalah tambahan. Perangkat lunak perlindungan virus (ini adalah favorit kami) dan driver cenderung menjadi pengecualian untuk aturan ini, dengan sebagian besar perangkat keras yang membutuhkan versi yang tepat dipasang untuk berfungsi dengan benar.

Sama, Tapi Berbeda

Contoh terbaik dari perbedaan ini tepat di dalam sistem file Anda. Jika Anda adalah pengguna Windows dengan format system 64bit, mungkin bisa diperhatikan bahwa Anda memiliki dua folder Program Files: Satu berlabel hanya Program Files dan yang lainnya berlabel Program Files (x86).

Aplikasi semua menggunakan sumber daya bersama pada sistem Windows (disebut file DLL), yang terstruktur berbeda tergantung pada apakah itu digunakan untuk aplikasi 64-bit atau aplikasi 32-bit. Jika, misalnya, aplikasi 32-bit menjangkau DLL dan menemukan versi 64-bit, itu hanya akan berhenti berfungsi. Itulah masalahnya.

Arsitektur 32-bit (x86) telah ada sejak lama, dan masih ada sejumlah aplikasi yang menggunakan arsitektur 32-bit - meskipun itu berubah pada beberapa platform. Sistem 64-bit modern dapat menjalankan perangkat lunak 32-bit dan 64-bit karena solusi yang sangat sederhana dan mudah: Dua direktori Program Files terpisah. Ketika aplikasi 32-bit diasingkan ke folder x86 yang sesuai, Windows tahu untuk menyajikan DLL yang tepat - versi 32-bit. Segala sesuatu di direktori Program Files biasa, di sisi lain, dapat mengakses konten lainnya.


Bagaiamana Cara Mengetahui Jenis OS Window

Sangat mudah untuk mengetahui jenis Versi OS pada Windows. Berikut ini langkahnya.

1. Lakukan klik kanan pada "My Computer" / "Computer". (Biasanya ada di dekstop). lalu klik "Properties"
klik kanan komputer


2. Sekarang muncul window baru yang menampilkan info dari perangkat (PC / Laptop) yang Anda gunakan.
Properties komputer


Pada gambar diatas, beberapa hal penting yang harus diketahui pada perangkat yang digunakan Adalah:
  • Windows Edition - Jenis windows yang digunakan (windows,XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10)
  • Processor - Jenis processor yang digunakan pada perangkat (PC / Laptop)
  • Installed memory (RAM) - Jumlah kapasitas memory yang digunakan
  • System type - Jenis / versi dari Sistem Operasi Windows yang digunakan (32-bit atau 64-bit)



Kesimpulan


  • Komputer dengan prosesor 64-bit dapat menginstal sistem operasi versi 64-bit atau 32-bit. Namun jika menggunakan sistem operasi 32-bit pada processor 64 bit akan menyebabkan kinerja PC / Laptop tidak terlalu maksimal.
  • Di komputer dengan prosesor 64-bit tidak dapat menjalankan program lawas pada versi 16-bit. Banyak program 32-bit akan bekerja dengan prosesor 64-bit dan sistem operasi, tetapi beberapa program 32-bit yang lebih lama mungkin tidak berfungsi dengan baik, atau sama sekali, karena keterbatasan atau tidak ada kompatibilitas. 
  • Program dengan label 64bit tidak akan bisa terinstal pada windows 32 bit
  • Sangat penting untuk melihat kapasitas RAM dan juga jenis processor yang Anda gunakan jika ingin menginstal OS versi 64-bit.



Demikian artikel review tentang perbedaan antara 32-bit dan 64-bit sistem operasi pada windows. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan via Email