Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Apa itu Anchor Text Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa itu Anchor Text Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa itu Anchor Text Dan Bagaimana Cara Menggunakannya. Apakah ini berpengaruh terhadap SEO. Apakah akan baik untuk peringkat website. Pertanyaan tersebut sering muncul dalam forum blogger. Dan semuanya pertnayaan tersebut akan kita bahas dan ulas secara tajam, setajam mata mantan yang masih terbayang-bayang. :D

Jika berbicara tentang SEO dan optimasinya, maka jangan pernah mengabaikan tekhnik SEO yang satu ini. Anda mungkin tidak sadar ketikan melakukan komentar pada sebuah situs web yang mewajibkan Anda untuk mengisi Alama situs URL. Tahukah Anda, bahwa secara ridak langsung Anda telah melakukan salah satu tekhnik SEO dengan mencantumkan backlink tanpa sengaja pada situs web tersebut melalui anchor text yang terpasang pada script komentar web tersebut. Sekalipun rata-rata backlink tersebut bersifat nofollow backlink namun setidaknya Anda telah menanam sebuah link yang menuju ke situs Anda.

Anchor Text Dan Cara Menggunakannya

Pengertian Anchor Text

Anchor text adalah karakter dan kata yang terlihat yang ditampilkan hyperlink saat menautkan ke dokumen atau lokasi lain di web. Biasanya muncul sebagai teks bergaris bawah biru, tetapi Anda mengubah warna dan gaya tautan situs web Anda melalui HTML atau CSS Anda. contohnya seperti tautan ini ke homepage dewaplokis.
Anchor text  yang saya gunakan untuk tautan diatas pada kode HTMLnya adalah
<a href="https://www.dewaplokis.com">tautan ini ke homepage dewaplokis</a>

Anchor text menyediakan pesan kepada mesin pencari dan pengguna informasi kontekstual yang relevan tentang konten tujuan tautan. Dalam contoh di atas dari kode tautan ‘tautan ini ke homepage dewaplokis’ adalah Anchor text untuk tautan tersebut.

Berikut contoh yang bisa dilihat langsung dalam halaman web.

Apa itu Anchor Text Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Pada Gambar diatas, terlihat jelas bahwa tautan / link "https://www.dewaplokis.com/2019/11/meta-tag-seo-friendly-valid-html5.html" adalah link untuk ancor text "Pasang Meta Tag SEO Valid HTML5".

Mesin pencari menggunakan anchor text eksternal (teks yang digunakan halaman lain untuk menautkan ke situs Anda) sebagai cerminan bagaimana orang lain melihat halaman Anda - dan dengan ekstensi, seperti apa halaman Anda. Sementara pemilik situs web biasanya tidak dapat mengontrol bagaimana tautan situs lain ke situs mereka, “Anda dapat memastikan bahwa anchor text yang Anda gunakan di dalam situs Anda sendiri bermanfaat, deskriptif, dan relevan." (Sumber: Google)

Mengapa Anchor Text Penting?

Internal link penting karena mentransfer otoritas tautan dari satu halaman ke halaman berikutnya. Biasanya beranda situs memiliki jumlah tautan terbanyak yang mengarah ke sana.

Dengan menggunakan tautan internal, ini membantu mendistribusikan otoritas yang telah diperoleh beranda dari profil backlink-nya.

Secara khusus, kata kunci yang digunakan dalam Anchor text dapat memengaruhi peringkat kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci dalam Anchor text, hal tersebut memberi sinyal ke Google halaman mana yang harus diberi peringkat untuk kata kunci yang dikaitkan dengan anchor text tersebut.

Konsep yang sama berlaku untuk tautan / link yang menunjuk ke situs Anda (Backlink). Dengan menggunakan Anchor text strategis yang memasukkan kata kunci, Anda dapat meneruskan otoritas dari satu situs ke situs lainnya sambil memengaruhi peringkat pada keyword tersebut.

Macam-macam Anchor Text

Ada berbagai macam anchor text. Di bawah ini, saya membahas enam macam yang sering digunakan dalam sebuah situs web. Dan kesemuanya bisa Anda terapkan juga dalam website Anda. Namun simak terlebih dahulu jenis-jenisnya dibawah ini, sehingga nantinya bisa disesuaikan penggunaannya.

Branded

Anchor text jenis branded adalah menempatkan teks anchor dengan meggunakan nama merk atau brand. Anchor text ini sangat aman digunakan, asalkan Anda tidak menggunakannya untuk merujuk pada merk website Anda sendiri. Contoh, dewaplokis tidak disarankan untuk membuat anchor text yang menyebut dewaplokis tanpa konteks spesifik.
Contoh kode:
<a href=”http://www.dewaplokis.com”>dewaplokis</a>

Generic

Bentuk anchor text generic ini berupa perintah atau petunjuk. Contoh paling umumnya adalah “klik di sini.” Banyak pakar seo tidak menyarankan penggunaan anchor text untuk jenis yang satu ini. Bahkan jika Anda menggunakan tool dari Lighthouse extension, Anda akan sering mendapatkan peringatan skor seo untuk kasus ini.
Contoh kode:
<a href=”https://www.dewaplokis.com/2020/02/dofollow-nofollow-link.html”>klik di sini</a>

Exact-match

Anchor text jenis ini menerapkan kata kunci yang sama persis dengan link / tautan yang dilampirkan. Misal tautan mengenai “Anchor text” memiliki anchor text “Anchor text.”
Contoh kode:
<a href=”https://www.dewaplokis.com/2020/02/anti-adblock-killer-blogger.html”>Cara Memasang Anti Adblock</a>

Partial-match

Berbeda dengan sebelumnya, anchor text ini dibentuk dengan memodifikasi kata kunci utama dari tautan yang dilampir. Contohnya, tautan mengenai “daftar backlink” memiliki anchor text cara “daftar backlink berkualitas untuk blog.”
Contoh kode:
<a href=”https://www.dewaplokis.com/2016/03/daftar-backlinks-berkualitas-ampuh.html">daftar backlink untuk berkualitas untuk blog</a>.

Naked link

Merupakan anchor link yang memperlihatkan tautan secara langsung. Anchor text yang digunakan langsung mengarah ke halaman tersebut
Contoh kode:
<a href=”https://www.dewaplokis.com/2020/04/cara-pasang-dmca-protection-di-blog.html”>https://www.dewaplokis.com/2020/04/cara-pasang-dmca-protection-di-blog.html</a>

Images

Teks yang digunakan sebagai anchor diambil dari alt text sebuah gambar. Jika alt text tersebut tidak diisi, maka anchor text akan kosong.
Contoh kode:
<a href=”https://www.dewaplokis.com/blog”>no text</a>

Cara Terbaik Menggunakan Anchor Text

Tujuan menggunakan anchor text adalah untuk mempengaruhi peringkat kata kunci untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke halaman Anda. Lagi pula, hasil di halaman pertama Google akan mendapatkan 95% dari klik.

Secara khusus, hasil pertama akan menerima 32,5%, yang kedua akan melihat 17,6%, dan ketujuh akan melihat 3,5%. Jika Anda memperhitungkan hasil Google Maps, halaman Yelp, iklan berbayar, dan Wikipedia, mungkin tidak ada bahkan tujuh hasil organik yang muncul.


Berikut ini adalah praktek Anchor text yang baik, dintaranya :

Gunakan Anchor Text Natural

Gunakan Anchor Text secara alami dalam konten Anda Jangan mencoba memaksanya, terutama jika itu tidak masuk akal. Ingatlah bahwa kata-kata berhenti (seperti "dan," "adalah," dan "the") boleh digunakan dan tidak akan mengubah arti kata kunci.

Gunakan berbagai jenis Anchor Text 

dengan fokus Anda selalu pada merek terlebih dahulu. Menurut tes yang dilakukan oleh Outreach Mama, merek nasional akan menggunakanAnchor Text seperti: 50% akan diberi merek, 16,5% akan menjadi nama situs web, 8,68% adalah Naked Link, 6,58% wajar, dan 2,63% adalah merek. dan kata kunci bersama. Merek lokal, menggunakanAnchor Text seperti ini: 19,9% bermerek, 14,6% alami, 13,5% Naked, 3,1% adalah kata kunci parsial dan 1,90% bermerek ditambah kata kunci. Jika Anda mencoba membangun tautan ke halaman dalam, persentasenya akan berbeda. Lakukan riset sendiri, dan ingat bahwa merek selalu nomor satu.

Pasang Anchor Text Pada Situs Berkualitas Tinggi. 

Hal ini tentunya jika ingin memasang Anchor text pada sebuah situs Web. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah sumber daya tepercaya dan situs berkualitas tinggi lainnya tidak ragu untuk mencari merek dan informasi Anda. 

Untuk mendapatkan backlink yang hebat ini, fokuskan diri Anda untuk mengeluarkan sendiri konten berkualitas tinggi dan sebarkan di situs web yang relevan dengan niche Anda. Misalnya, katakanlah perusahaan Anda menjual produk perawatan kulit ke milenium. 

Anda akan melakukan penelitian pada kata kunci terbaik, membuat panduan tentang Perawatan Kulit untuk usia 20-an dan 30-an, dan menggunakan tautan jangkar, tentu saja. Anda kemudian akan mengirim panduan ke blogger berpengaruh dan situs-situs top di niche Anda dengan harapan bahwa mereka akan terhubung ke sana. Ingatlah untuk menyediakan anchor text yang Anda ingin mereka gunakan juga.
Tautkan ke situs web berkualitas tinggi lainnya dari situs Anda. Ini termasuk situs-situs dengan konten luar biasa dan merek-merek terkenal.
Pantau backlink Anda untuk melihat di mana Anda dapat mengoptimalkan dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Anda dapat menggunakan alat gratis seperti Monitor Backlinks untuk memulai.

Sekarang, mari kita lihat tentang praktik buruk Anchor text yang harus Anda hindari.

Kesimpulan

Strategi anchor text sampai saat ini masih kurang diperhatikan, padahal tahukah Anda bahwa ini merupakan cara paling efektif untuk mengembangkan SEO situs / blog Anda. Banyak yang mengabaikan, padahal ini merupakan trik SEO yang paling mudah untuk diterapkan.

Demikian Artikel Kali Ini tentang Apa itu Anchor Text Dan Bagaimana Cara Menggunakannya Untuk pengembangan website. Semoga bisa dipahamai dengan baik. Terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan via Email