Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Optimasi On-Page SEO Untuk Blogger

Cara Optimasi On-Page SEO Untuk Blogger

SEO atau Search Engine Optimatizion sering menjadi perbincangan di kalangan blogger. Blogger pemula seperi saya saja masih terus menggali dan mencari tentang bagaimana cara SEO yang baik, seperti apa contohnya dan bagaimana penarapannya pada blog dan postingan. Ini selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

Pada tutorial kali ini,  saya sedikit sharing tentang bagaimana dan apa itu SEO Onpage serta bagaimana menerapaknnya pada blog kita. Apa yang akan saya bagikan ini sebenarnya adalah hasil dari apa yang sudah saya lakukan selama masuk dalam dunia blogging dan saatnya bagi saya untuk membagikan kepada Anda pada postingan ini.

Optimasi Seo Onpage Postingan Blog


Apa itu SEO on Page

Googling sana sini akhirnya saya tahu bahwa dengan tetap membuka blogger kita meperbaiki error yang ada pada blog, memperbaiki tag heading, image alt, structure data yang error serta melalukan beberapa perbaikan pada postingan, gambar judul serta deskripsi pencarian ternyata merupakan hal yang tanpa sengaja menjadi bagian dari optimasi seo blog.

Proses Optimasi SEO On Page sebenarnya mengharuskan Anda membuat konten yang relevan dan berkualitas. Konten yang baik menurut adalah konten yang memberikan rasa puas kepada pengunjung / pembaca blog dan strukturnya mudah dipahami oleh mesin pencari.

Coba bayangkan jika Anda melakukan pencarian pada google dan membuka salah satu pilihan yang muncul, kemudian setelah Anda baca ternyata tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, otomatis Anda akan langsung meninggalkan website tersebut. Hal ini akan menyebabkan bounce rate dari website tersebut semakin tinggi dan itu akan sangat tidak baik untuk rangking blog.

Optimasi mesin pencari atau SEO penting untuk bisa meraih rangking pada google. Jika Anda hanya bisa menulis dan tulisan Anda tidak muncul pada halaman pertama maka apalah gunanya menulis. Padahal kita sangat berharap bahwa tulisan kita ini bisa dibaca oleh orang. Maka salah satu alasan utama kita belajar SEO adalah karena kita ingin website kita tampil dihalaman depan google.

Jadi intinya, SEO on-page bertujuan untuk mngoptimasi blog Anda sendiri dengan cara memaksimalkan isi blog, mulai dari tampilan hingga isi postingan blog agar disukai oleh pembaca dan isi konten dan kode (tag,script,HTML dll) mudah dimengerti oleh search engine.

Cara Optimasi Seo Onpage Blogspot [Blogger]

Setelah membaca penjelasan tentang SEO On page, Sekarang saatnya untuk mempraktekkannya dalam postingan blog. Karena apalah arti teori tanpa praktek. Silakan disimak baik-baik penjelasannya dibawah ini.

1. Judul Postingan Blog

Judul postingan merupakan penentu atau faktor utama untuk membangun postingan yang berkualitas. Sebelum membuat postingan Usahakan memikirkan terlebih dahulu judulnya agar pada judul tersebut terdapat kata kunci. Usahakan membuat judul yang unik dan perkirakan pada judul tersebut akan membuat visitor blog tertarik untuk membacanya.

Untuk optimasi Judul halaman postingan biasanya memerlukan keahlian khusus, namun bagi para blogger pemula cukup mengcopy judul yang paling menarik atau yang berada di puncak halaman depan pencarian google. Hal seperti ini biasa saya lakukan pada beberapa artikel yang saya buat, dan memang sangat efektif.
contoh beberapa jenis judul blog yang sering di gunakan adalah sebagai berikut :
  • Judul blog dengan “angka” : Judul blog dengan penambahan angka biasanya memiliki konten tentang daftar atau cara dari suatu hal. Contoh seperti “5 Jenis Makanan yang sangat berbahaya bagi ibu hamil” atau “8 Atlit muslim yang terkenal di dunia" serta beberapa judul lainnya
  • Judul blog dengan “Cara” : Judul blog menggunakan “cara” merupakan blog yang sangat simple karena bertujuan menjelaskan cara melakukan sesuatu di kontennya. Contoh judul blog dengan jenis ini adalah “Cara memanggang roti yang baik” atau artikel yang sedang anda baca ini juga adalah salah satunya
  • Judul blog dengan “Famous Comparisson”: Judul blog jenis ini biasanya menggunakan orang terkenal sebagai magnet untuk menarik perhatian pengunjung. Contoh judul blog dengan jenis ini adalah “Pelajaran menulis buku yang saya dapat dari Raditya Dika” dan semacamnya
  • Dan jenis judul blog lainnya

2. Manfaatkan Heading Dan Subheading

Pastikan untuk memperhatikan penentuan H1, H2, H3 dengan benar. Biasanya blog yang pencariannya berada diposisi teratas menempatkan kata kunci pada heading H2 dan subheading H3. Ini juga merupakan trik agar google lebih mudah merayapi postingan blog kita.

3. Artikel Panjang dan unik

Google tidak pernah memberikan patokan khusus tentang berapa jumlah kata yang mesti di masdukkan dalm sebuah postingan, namun dalam beberapa referensi yang saya sempat baca, banyak yang menyarankan untuk memaksimalkan jumlah kata pada postingan yaitu sekitar 1000 sampai 2500 kata. Namun ada juga yang membolehkan menulis hanya 400 kata saja.

Yang jelas, berapapun jumlah kata yang Anda akan tuliskan, sebaiknya haruslah unik atau lain dari yang lain tentunya juga isi kontennya berbobot. Ini juga mencegah artikel Anda terdeteksi plagiat. Olehnya iu, sebaiknya check dahulu artikel yang ingin Anda upload. Ada beberapa tool online yang bisa Anda gunakan seperti copyscape, plagiarisma dll. Untuk menghitung jumlah katam Anda bisa menggunakan tool Online gratis Word Counter.

4. Kata Kunci Latent Semantic Indexing (LSI)

LSI (Latent Semantic Indexing) adalah kata yang masih berkaitan dengan keyword (kata kunci) utama, kalian harus menemukan keyword LSI ini sebelum menulis artikel dan menyisipkannya ke dalam artikel. Kata kunci LSI merupakan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci pertama yang Anda pasang. Lakukan banyak variasi keyword dan gunakan sinonim pada kata kunci yang Anda buat.

Optimasi Seo menggunakan kata kunci LSI sudah sering dilakukan juga oleh para blogger. Kegunaan LSI ini sangatlah penting sebagai pendukung kata kunci utama pada postingan blog. Sebagai contoh ketika Anda mengetik kata "Harga mobil baru" pada pencarian di google, akan muncul beberapa kata yang berkaitan dibawahnya.

Cara Agar Blog SEO
Contoh Kata Kunci LSI



Beberapa kata dibawahnya bisa Anda gunakan pada postingan untuk menambah kata kunci berkaitan.
Menurut beberpa pakar Seo, bahwa penggunaan kata kunci yang terlalu banyak sangat tidak disukai oleh goole, makanya, LSI menjadi alternatif terbaik untuk support kata kunci utamanya.

Kata kunci LSI bisa ditambahkan pada postingan blog untuk membantu mendobrak kata kunci utama. Jadi intinya, kata kunci LSI ini bertujuan sebagai pelengkap yang sempurana.

5. Deskripsi Penelusuran

Selanjutnya adalah Deskripsi Penelusuran. Sebelum artikel kalian diterbitkan/dipublish, pastikan mengisi kolom deskripsi penelusuran yang ada bawah setelan entri, isi deskripsi dengan singkat, padat dan jelas, serta pastikan kata kunci yang dibidik ada dalam deskripsi tersebut.

Menurut kebanyakan blogger deskripsi ini sangat berperan dalam membantu pembaca menemukan keyword (kata kunci) yang diinginkan.

Untuk meta tag deskripsi otomatis pada blog, Anda bisa memasang kode dibawah ini setelah kode <head>
<b:if cond='data:view.isMultipleItems'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
<b:elseif cond='data:view.isSingleItem'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.title' name='description'/>
</b:if>
</b:if>

6. Alamat Url (Permalink)

Selanjutnya adalah Optimasi Alamat Url, sama halnya dengan Deskripsi penelusuran. Sebelum artikel kalian diterbitkan/publish, pastikan kalian sudah mengedit alamat url kalian. Alamat url sebaiknya mengandung kata kunci dan tidak terlalu panjang. Alamat url bisa kalian edit pada kolom Permalink yang terdapat pada ruang post blogger.

Blogger membatasi jumlah kata pada Artikel Otomatis, namun pada permalink manual, bisa di edit sampai maksimal. Sepengetahuan saya dan dari sekian banyak data yang saya rangkum, Jumlah kata maksimal untuk seo adalah 5 kata. Jadi gunakan dengan tepat URL postingan dengan memasukkan kata kunci.

Misalnya Judul artikel yang Anda baca saat ini adalah "Cara Optimasi SEO Postingan Blog" dan URL link saya isi secara manual yaitu "https://dewaplokis.blogspot.com/2019/10/optimasi-seo-postingan-blog.html".

Patut diingat bahwa alamat url hanya bisa diedit sebelum Anda memposting artikel. Jika artikel sudah terposting maka alamat url sudah tidak bisa lagi di ubah. Maka perhatikan baik-baik URL postingan Anda.

7. Tag / Label

Internal link juga sangat membantu menambah daya pikat pembaca untuk tetap betah berlama-lama pada blog Anda. Tambahkan link yang relevan yang berkaitan dengan postingan Anda. Disini, Tag Label dan widget artikel terkait sangat dibutuhkan.

Perhatikan setiap label post yang Anda buat, pastikan label sudah sesuai. Hal ini juga berguna agar artikel terkait dibawah postingan menampilkan postingan yang berhubungan dengan article yang sedang dibaca oleh pengunjung blog.

8. Internal Link

Menambahkan artikel terkait dalam postingan atau multi related post adalah salah satu cara yang bisa Anda coba terapkan pada blog untuk memancing pembaca tetap bertahan dan membaca artikel yang lain pada blog Anda.

Dengan Optimasi Internal Link juga memberikan salah satu sumbangsihnya intuk Onpage SEO. Ini berhubungan erat dengan skor bounce rate. Jika Internal Link dimaksimalkan, maka visitor blog Anda juga akan betah berlama-lam dalam blog.

9. Tambah Gambar Atau Video

Berikutnya adalah Optimasi SEO Pada gambar Artikel. Pastikan Setiap artikel yang ingin kalian terbitkan sudah memiliki gambar utama maupun gambar penjelasan dari artikel. Juga tambahkan atribut alt image dan alt teks. Alt Img ini berguna untuk memudahkan thumbnail postingan terindex di google image dan menambah pengunjung blog dari google image. Isikan Alt teks image dengan kata kunci postingan atau kata kunci LSI.

10. Optimasikan Gambar

Usahakan agar gambar yang Anda masukkan berhubungan dengan artikel yang Anda buat. Gambar haruslah responsive serta ringan saat loading. Gunakan tool compress image untuk memperkecil ukuran gambar. dan jika ingin lebih SEO lagi di search Engine, sebaiknya gunakan lazy load untuk gambar. Lihat postingan lengkapnya pada artikel Cara Pasang Lazy load Image.

11 . Template Blog

Optimasi SEO terkahir dan juga sangat penting dan tidak bisa diabaikan adalah template blog . Template blog adalah senjata pamungkas Anda dalam bercengkrama didunia blogging. Pemilihan template yang tepat dengan fitur yang lengkap akan memberikan nilai plus pada blog Anda. Usahakan memilih template yang fast loading, responsive (mobile friendly), valid HTML5 (optional).

Kesimpulan

Jika Anda betul-betul ingin membuat sebuah konten yang bisa diterima dengan baik oleh pembaca dan kemudian struktur data yang dihasilkan melalui kode tag yang dikirim ke bot mesin pencari, maka sebaiknya melakukan pengecekan terhadap setiap konten yang sudah Anda buat. 

Kesemua cara SEO diatas merupakan referensi yang saya dapatkan dari berbagai sumber dan memang semuanya terbukti efektif dan mampu meningkatkan rank situs kita di mesin pencari. Ingat, SEO itu tidak instan. Jika Anda menulis konten Anda pada hari ini,  bisa saja postingan Anda belum terlihat pada halaman pertama. Biarkan mesin pencari melihat isi konten Anda terlebih dahulu, jika memang konten yang Anda buat berkualitas dan memenuhi kriteria SEO On page diatas, maka pasti post Anda akan masuk pada halaman depan, percayalah.


Demikian beberapa Cara Optimasi On-Page SEO Untuk Blogger agar website atau blog lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencari google alias SEO atau memudahkan artikel masuk dalam posisi page one / rangking 1 google. Jika mungkin pada penjelasan saya ada yang kurang dan ingin ditambahkan, silakan masukkan di kolom komentar dibawah. Happy bliogging. Terima kasih.
Load Comments
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan via Email